Jumat, 06 Juli 2012

Gedung Tertinggi di Dunia

Saat ini banyak sekali gedung pencakar langit. Namun dari sekian banyak gedung pencakar langit yang ada di dunia, gedung manakah yang paling tinggi? Yaa... Burj Dubai Gedung tertinggi di dunia itu bernama Burj Dubai yang berada di negara UEA. Pembangunan Burj Dubai dimulai pada 2004 dan dilakukan hampir setiap hari dan selesai tahun 2008.

Gedung yang baru diresmikan pada 4 Januari 2010 oleh pemerintah UEA. Burj Dubai menawarkan kemewahan dan kemegahan untuk semua pengunjung bangunan tertinggi di dunia ini. Mulai dari perkantoran, apartemen sampai butik dan hotel mewah.

Burj Dubai menjulang lebih dari 800 meter dan memiliki lebih dari 160 lantai atau setara dengan enam kali tinggi Monas yang memiliki tinggi 132m. Burj Dubai menyediakan 900 apartemen dari lantai 19 sampai 108. Apartemen ini terdiri mulai dari yang mungil bertipe studio, sampai apartemen satu, dua, tiga dan 4 lantai.

Para penghuni apartemen akan dimanjakan dengan tempat fitness, kolam renang, jacuzzi, dan ruang rekreasi yang semuanya mewah. Masih ada lagi supermarket, ruangan untuk para penikmat tembakau, perpustakaan dan tentu saja vallet parking untuk 3.000 kendaraan. Sementara masih ada lagi klub kesehatan empat lantai yang juga terbuka untuk umum. Isinya ada gymnasium khusus perempuan, spa, dan kolam renang. Burj Dubai juga punya taman 11 hektar yang indah dengan 6 tempat air mancur, dua lapangan tenis, dan taman bermain anak-anak.

Untuk mereka yang singgah untuk berlibur, ada hotel milik Giorgio Armani. Hotel Armani memiliki 160 kamar di lantai 5 sampai 8, termasuk suite di lantai 38 dan 39. Hotel Armani dilengkapi butik yang memajang karya sang perancang, restoran mewah, galeri lukisan dan toko coklat. Selain itu masih ada pula 144 unit apartemen yang didesain langsung oleh sang perancang. Sangat mewah.

Jika datang untuk bekerja, Burj Dubai juga memiliki perkantoran yang mewah. Ada 37 lantai untuk perkantoran mulai dari lantai 123 ke atas. Perkantoran ini memiliki lift dari lantai dasar langsung menuju lobi khusus di lantai 123. Perkantoran ini menjanjikan koneksi internet 10 gigabit perdetik, sinyal ponsel tak terputus di lift super cepat dan petugas keamanan top. Nah, untuk mereka yang berkantung pas-pasan, masih ada kesempatan mencicipi kemewahan Burj Dubai. Gedung ini menyediakan ruang pandang di lantai 124. Ruang pandang ini buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai pukul 22.00. Ruang pandang Burj Dubai ini menjanjikan pemandangan ke seluruh Dubai dan kawasan teluk sejauh 50 mil saat hari cerah. Naik ke ruang pandang ini tidak gratis, namun info harga tiketnya belum disediakan.

Beberapa fakta tentang Burj Dubai antara lain :

· Walaupun ketingginya dari 800 meter, namun lantai yang bisa di huni hanya sampai ketinggian 636 meter.

· Struktur beton yang menyangga Gedung Burj Dubai setinggi 574,4 meter.

· Burj Dubai mengoperasikan lift tertinggi dan tercepat di Dunia dengan kecepatan 60 Km/Jam atau16,7 meter perdetik.

· Luas lantai dasar Burj Dubai 334.000 meter persegi.

· Dengan taman 15 hektare disekelilingnyaArea parkir bawah tanah bisa menampung 3000 kendaraan.

· Beton yang digunakan untuk membangun gedung ini beratnya setara dengan sekitar 100.000 gajah dewasa.

· Kebutuhan air Burj Dubai memerlukan pasokan 15 juta galon air atau setara dengan 20 kolam renang standar olimpiade.

· Fasilitas pendingin setara dengan melelehkan 10.000 ton es setiap hari.

· Lampu yang dibutuhkan setara dengan 360.000 bohlam masing-masing 100 watt.

· Fasilitas Burj Dubai super lengkap. Ada 4 lantai yang khusus untuk sarana kebugaran dan wisata. ada klub cerutu. Restoran di Lantai 122 . Dilengkapi juga teropong tertinggi di dunia di lantai 124 pada ketinggian 442 meter plus layar digital untuk melihat pemandangan Kota Dubai .

· Burj Dubai memecahkan rekor sebagai struktur bangunan tertinggi di dunia. sebelumnya rekor ini dipegang KVLY-TV di Blanchard, North Dakota, AS. Gedung kebanggan dubai ini juga memecahkan rekor struktur bebas tertinggi. sebelumnya rekor ini dipegang CN Tower Toronto.

· Biaya untuk membangun Burj Dubai sekitar 4,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 40 triliun.

ref :

http://uchihajaka.blogspot.com/2010/01/15-fakta-tentang-burj-dubai-gedung.html http://hariansib.com/?p=105198

Tidak ada komentar:

Posting Komentar